Jalan Pelita RT.01 Kel. Jingah Kec. Teweh Baru
sdnduajingah@gmail.com
Kolase merupakan teknik yang digunakan untuk membuat karya seni dengan cara menempelkan berbagai bahan salah satunya adalah biji-bijian pada permukaan gambar. Kolase adalah kreasi atau karya seni dua dimensi. Berkreasi dengan kolase merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Disamping amat mudah dilakukan dan tidak membosankan, juga baik untuk mengembangkan kemampuan motoric dan imajinasi anak.
Kolase memiliki beberapa manfaat yaitu:
Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, kolase juga membantu meningkatkan kemampuan berbahasa anak dan melatih kepekaan estetis serta membangun rasa kepedulian terhadap lingkungan dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai seperti biji-bijian.
Projek “Pembuatan Kolase Hewan dari Biji-bijian” ini disusun dengan tujuan menguatkan profil pelajar Pancasila melalui pemahaman nilai kearifan lokal. Projek ini dimulai dengan kegiatan mengenal apa yang dimaksud kolase, selanjutnya menyiapkan bahan dan peralatan membuat kolase sehingga kolase dari biji-bijian dapat terbentuk.
Dalam prosesnya, peserta didik juga diajak untuk mengembangkan kreatifitas dalam membuat kolase yang dibuat. Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi dari Profil Pelajar Pancasila yakni, Bergotong Royong, Kreatif, dan Mandiri beserta elemen-elemen yang terkait.
Perangkat ajar ini dirancang untuk membantu guru SD (Fase A) agar dapat melaksanakan projek dengan tema kearifan lokal. Judul projek pada perangkat ajar ini adalah “Pembuatan Kolase Hewan dari Biji-bijian”yang di dalmnya bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, kemandirian, konsentrasi dan kerja sama pada peserta didik.
Projek ini dilakukan pada semester 1 kelas 1 SD dikarenakan aktivitas yang ditawarkan disusun sedemikian rupa agar peserta didik tidak hanya mengenal tetapi juga memahami nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat dalam pembuatan kolase hewan dengan biji-bijian. Waktu yang direkomendasikan dalam pengerjaan projek ini adalah selama 1 semester dengan total waktu kurang lebih 39 jam. Sebaiknya, terdapat jeda waktu antar aktivitas sehingga guru dapat melakukan refleksi dan menentukan perbaikan untuk aktivitas selanjutnya.
Projek pembuatan kolase hewan dari biji-bijian ini sangat relevan untuk dilaksanakan di SDN 2 Jingah karena disekitar lingkungan sekolah sangat banyak terdapat tumbuh-tumbuhan dimana biji-bijiannya dapat dipergunakan untuk membuat kolase ini. Melalui projek ini peserta didik akan berkolaborasi dengan guru kelas dan guru mata pelajaran mengenai cara membuat kolase hewan dari biji-bijian untuk meningkatkan sikap kerja sama, kemandirian dan kreativitas peserta didik dalam mengerjakan dan menyelesaikan kolase tersebut.
Kolaborasi
Kerja sama
Smenerima dan melaksanakan tugas serta peran yang diberikan kelompok dalam sebuah kegiatan bersama
4, 5, 7, dan 8
menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal/asli
–
Mengekspolarasi dan mengekspreasikan pikiran dan /atau perasaannya dalam bentuk karya dan atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan
Aktivitas 5, 6, dan 8
Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi
Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi
Mengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan prestasi dan ketertarikan secara subjektif
1 , 2, dan 3
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Jenis kegiatan : Tatap Muka
Waktu : 3 JP (3×35 menit)
Alat dan bahan : Lem, biji-bijan dan sketsa
Peran guru : Fasilitator
Persiapan:
Pelaksanaan:
– Guru memulai projek dengan memberikan pertanyaan tentang macam-macam bentuk kolas kolase.
– Guru meminta peserta didik mengamati tentang cara pembuatan kolase
– Guru meminta peserta didik untuk berdiskusi mengenai pembuatan kolase
Jenis kegiatan : Tatap Muka
Waktu : 3 JP (3×35 Menit)
Alat dan bahan : Lem, biji-bijian dan Sketsa
Peran guru : Fasilitator
Persiapan:
– Guru menyiapkan alat dan bahan pembuatan kolase
– Guru memperkenalkan nama biji-bijian
Pelaksanaan:
Jenis kegiatan : Tatap Muka
Waktu : 3 JP (3×35 menit)
Alat dan bahan : Sketsa
Peran guru : Fasilitator
Persiapan:
Pelaksanaan:
Jenis kegiatan : Tatap muka
Waktu : 3 JP (3×35 menit)
Alat dan bahan : Lem, biji-bijian dan sketsa
Peran guru : Fasilitator
Persiapan:
Pelaksanaan:
Jenis kegiatan : Tatap muka
Waktu : 3 JP (3×35 menit)
Alat dan bahan : lem, biji-bijian dan sketsa
Peran guru : Fasilitator
Persiapan:
Guru menyiapkan lembar penilaian untuk peserta didik
Pelaksanaan:
Jenis kegiatan : Tatap Muka
Waktu : 3 JP (3×35 Menit)
Alat dan bahan : lem, biji-bijian dan sketsa
Peran guru : Fasilitator
Persiapan:
Pelaksanaan:
Jenis kegiatan : Tatap Muka
Waktu : 3 JP (3×35 Menit)
Alat dan bahan : lem, biji-bijian dan sketsa
Peran guru : fasilitator
Persiapan:
Guru menyiapkan kemasan berupa plastik untuk membungkus seperti pigura.
Pelaksanaan:
Peserta didik memajang karya seni kolase hewan dari biji-bijan
Jenis kegiatan : Tatap muka
Waktu : 3 JP (3×35 menit)
Alat dan bahan : Sketsa
Peran guru : Fasilitator
Persiapan:
Pelaksanaan:
Tata Krama: