Jalan Pelita RT.01 Kel. Jingah Kec. Teweh Baru

sdnduajingah@gmail.com

PEMBUATAN KOLASE
MODUL PROJEK KELAS 1
TEMA : KEARIFAN LOKAL

PROJEK KOLASE HEWAN DARI  BIJI-BIJIAN

Kolase merupakan teknik yang digunakan untuk membuat karya seni dengan cara menempelkan berbagai bahan salah satunya adalah biji-bijian pada permukaan gambar. Kolase adalah kreasi atau karya seni dua dimensi. Berkreasi dengan kolase merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Disamping amat mudah dilakukan dan tidak membosankan, juga baik untuk mengembangkan kemampuan motoric dan imajinasi anak.

Kolase memiliki beberapa manfaat yaitu:

  1. Melatih motorik halus
  2. Meningkatkan kreativitas
  3. Melatih konsentrasi
  4. Mengenal warna
  5. Mengenal bentuk
  6. Melatih memecahkan masalah
  7. Mengasah kecerdasan special
  8. Melatih ketekunan
  9. Meningkatkan kepercayaan diri.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, kolase juga membantu meningkatkan kemampuan berbahasa anak dan melatih kepekaan estetis serta membangun rasa kepedulian terhadap lingkungan dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai seperti biji-bijian.

Projek “Pembuatan Kolase Hewan dari Biji-bijian” ini disusun dengan tujuan menguatkan profil pelajar Pancasila melalui pemahaman nilai kearifan lokal. Projek ini dimulai dengan kegiatan mengenal apa yang dimaksud kolase, selanjutnya menyiapkan bahan dan peralatan membuat kolase sehingga kolase dari biji-bijian dapat terbentuk.

Dalam prosesnya, peserta didik juga diajak untuk mengembangkan kreatifitas dalam membuat kolase yang dibuat. Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi dari Profil Pelajar Pancasila yakni, Bergotong Royong, Kreatif, dan Mandiri beserta elemen-elemen yang terkait.

Perangkat ajar ini dirancang untuk membantu guru SD (Fase A) agar dapat melaksanakan projek dengan tema kearifan lokal. Judul projek pada perangkat ajar ini adalah “Pembuatan Kolase Hewan dari Biji-bijian”yang di dalmnya bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, kemandirian, konsentrasi dan kerja sama pada peserta didik.

Projek ini dilakukan pada semester 1 kelas 1 SD dikarenakan aktivitas yang ditawarkan disusun sedemikian rupa agar peserta didik tidak hanya mengenal tetapi juga memahami nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat dalam pembuatan kolase hewan dengan biji-bijian. Waktu yang direkomendasikan dalam pengerjaan projek ini adalah selama 1 semester dengan total waktu kurang lebih 39 jam. Sebaiknya, terdapat jeda waktu antar aktivitas sehingga guru dapat melakukan refleksi dan menentukan perbaikan untuk aktivitas selanjutnya.

Projek pembuatan kolase hewan dari biji-bijian ini sangat relevan untuk dilaksanakan di SDN 2 Jingah karena disekitar lingkungan sekolah sangat banyak terdapat tumbuh-tumbuhan dimana biji-bijiannya dapat dipergunakan untuk membuat kolase ini. Melalui projek ini peserta didik akan berkolaborasi dengan guru kelas dan guru mata pelajaran mengenai cara membuat kolase hewan dari biji-bijian untuk meningkatkan sikap kerja sama, kemandirian dan kreativitas peserta didik dalam mengerjakan dan menyelesaikan kolase tersebut.

TAHAPAN PROJEK YANG AKAN DILAKSANAKAN

TAHAPAN OBSERVASI

TAHAP KONSTRUKSI

TAHAP KORELASI

KALENDER PELAKSANAAN

Dimensi, elemen, dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila

PENANAMAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (REFERENSI) PERKEMBANGAN SUB - ELEMEN ANTAR FASE

AKTIVITAS YANG DILAKUKAN DALAM KOLASE DARI BIJI-BIJIAN

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Jenis kegiatan           :   Tatap Muka

Waktu                         :   3 JP (3×35 menit)

Alat dan bahan          :   Lem, biji-bijan dan sketsa

Peran guru                 :   Fasilitator

Persiapan:

  • Guru menjelaskan tentang kolase
  • Guru menyiapkan alat dan bahan untuk membuat kolase

Pelaksanaan:

– Guru memulai projek dengan memberikan pertanyaan tentang macam-macam bentuk kolas   kolase.

– Guru meminta peserta didik mengamati tentang cara pembuatan kolase

– Guru meminta peserta didik untuk berdiskusi mengenai pembuatan kolase

Jenis kegiatan           :   Tatap Muka

Waktu                         :   3 JP (3×35 Menit)

Alat dan bahan          :   Lem, biji-bijian dan Sketsa

Peran guru                 :   Fasilitator

Persiapan:

– Guru menyiapkan alat dan bahan pembuatan kolase

– Guru memperkenalkan nama biji-bijian

Pelaksanaan:

  1. Guru menayangkan video tentang berbagai macam cara teknik membuat kolase serta meminta peserta didik untuk mencatat hasil pengamatannya dari video yang telah ditayangkan
  2. Guru menambahkan tayangan berupa artikel tentang berbagai macam teknik membuat kolase

Jenis kegiatan          :   Tatap Muka

Waktu                       :   3 JP (3×35 menit)

Alat dan bahan         :   Sketsa

Peran guru                :   Fasilitator

Persiapan:

  • Guru mencari informasi terlebih dahulu mengenai bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kolase
  • Guru mengajak peserta didik untuk berpartisipasi dalam melengkapi bahan perlengkapan kolase.

Pelaksanaan:

  • Guru menyampaikan macam-macam bahan dan alat dalam pembuatan kolase
  • Guru meminta peserta didik untuk bekerjasama dengan guru dalam pembuatan kolase
  • Guru dan peserta didik menyiapkan berbagai macam peralatan yang dibutuhkan

Jenis kegiatan            :  Tatap muka

Waktu                          :  3 JP (3×35 menit)

Alat dan bahan           :   Lem, biji-bijian dan sketsa

Peran guru                  :   Fasilitator

Persiapan:

  • Guru membagikan sketsa kepada masing-masing kelompok.
  • Guru menyiapkan alat dan bahan.

Pelaksanaan:

  • Guru memandu peserta didik untuk menempelkan biji-bijian pada sketsa
  • Guru memberikan biji-bijian kepada peserta didik dan meminta mereka untuk menempelkan pada sketsa.

Jenis kegiatan            :  Tatap muka

Waktu                          :  3 JP (3×35 menit)

Alat dan bahan          :   lem, biji-bijian dan sketsa

Peran guru                 :   Fasilitator

Persiapan:

Guru menyiapkan lembar penilaian untuk peserta didik

Pelaksanaan:

  • Guru mengarahkan peserta didik untuk mengoleskan memilih biji-bijian yang sesuai warna untuk menutupi sketsa.
  • Guru meminta peserta didik untuk bekerja sama dalam mengatur biji-bijian pada sketsa.

Jenis kegiatan            :   Tatap Muka

Waktu                         :   3 JP (3×35 Menit)

Alat dan bahan           :   lem, biji-bijian dan sketsa

Peran guru                 :   Fasilitator

Persiapan:

  • Guru dapat bekerjasama dengan sekolah dalam menyiapkan alat
  • Guru membagi sketsa pada masing-masing kelompok

Pelaksanaan:

  • Peserta didik memperhatikan ukuran, perpaduan warna dan bentuk biji-bijian yang ditempel.

Jenis kegiatan             :   Tatap Muka

Waktu                           :   3 JP (3×35 Menit)

Alat dan bahan           :    lem, biji-bijian dan sketsa

Peran guru                  :   fasilitator

Persiapan:

Guru menyiapkan kemasan berupa plastik untuk membungkus seperti pigura.

Pelaksanaan:

Peserta didik memajang karya seni kolase hewan dari biji-bijan

Jenis kegiatan            :   Tatap muka

Waktu                         :   3 JP (3×35 menit)

Alat dan bahan           :   Sketsa

Peran guru                  :   Fasilitator

Persiapan:

  • Guru menyiapkan jadwal kegiatan dan mengundang seluruh warga sekolah untuk bergabung (Market Day)
  • Guru bekerjasama dengan sekolah untuk mengundang pemangku kepentingan pada acara Market Day yang akan dilaksanakan

Pelaksanaan:

  • Peserta didik menata tempat dan peralatan yang akan dijadikan tempat untuk pameran kolase
  • Guru melakukan penilaian pada saat peserta didik melakukan pameran karya seni kolase hewan dari biji-bijian kepada seluruh warga sekolah.
  • Peserta didik merapikan kembali tempat dan peralatan yang digunakan saat acara sudah selesai

Tata Krama:

  • Menyapa dengan menggunakan bahasa daerah
  • Menggunakan bahasa yang sopan
  • Mengenakan pakaian yang rapi
  • Mengungkapkan kata terima kasih dan permisi saat berinteraksi