PANCASILA
- Peserta didik menyusun urutan sila-sila Pancasila dan menguraikan makna setiap sila Pancasila serta menunjukkan penerapannya dalam kegiatan hidup sehari-hari.
- Peserta didik menguraikan dan meyakinkan pentingnya kebersamaan dalam suatu kerja kelompok serta menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud pengamalan Pancasila.
- Peserta didik memahami dan menyadari bahwa manusia saling membutuhkan dan harus saling memberi dan menerima satu sama lain, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
- Peserta didik mengidentifikasi dan menguraikan aturan-aturan di rumah, di sekolah, di lingkungan sekitar, serta mematuhi dan melaksanakan aturan-aturan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
- Peserta didik mengidentifikasi dan menguraikan aturan-aturan di rumah, di sekolah, di lingkungan sekitar, serta mematuhi dan melaksanakan aturan-aturan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
- Peserta didik mengidentifikasi dan menguraikan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar, mematuhi dan melaksanakan hak dan kewajiban tersebut dalam kehidupan sehari-hari
- Peserta didik mengidentifikasi dan menguraikan pentingnya musyawarah dalam pengambilan keputusan bersama, menerima dan menghargai perbedaan pendapat dalam pengambilan keputusan bersama , serta menunjukkan dukungan atas keputusan bersama dan melaksanakan hasil keputusan bersama dengan penuh tanggung jawab.
Bhinneka Tunggal Ika
- Peserta didik mengidentifikasi dan menguraikan perbedaan karakteristik fisik dan non fisik, sosial, budaya, dan adat istiadat masyarakat di Indonesia, serta menunjukkan dukungan terhadap kebhinekaan.
- Peserta didik mengidentifikasi dan menguraikan identitas diri dan teman-temannya sesuai latar belakang budaya daerah asalnya
- Peserta didik menganalisa dan menguraikan manfaat keragaman budaya, minat, dan perilaku individu sebagai sebuah kekayaan bangsa yang dapat memberikan pemahaman dan pengalaman yang berharga serta menunjukkan sikap syukur dan bangga akan hal tersebut.
Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Peserta didik memahami dan mendukung bahwa lingkungan rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar yang terdekat (RT/RW/Desa/ kelurahan dan kecamatan) merupakan bagian dari wilayah NKRI, serta mampu menguraikan urutannya secara tepat.
- Peserta didik mengetahui dan menjelaskan susunan dan fungsi desa/kelurahan dan kecamatan secara umum serta menyadari manfaat adanya desa/kelurahan sebagai bagian dari NKRI
- Peserta didik memahami dan menguraikan pentingnya menjaga dan memelihara kebersamaan dan persatuan di lingkungan sekolah sebagai sarana menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari di sekolah..
MENYIMAK
- Mengingat dan menjelaskan kembali informasi dari teks yang dibacakan
- Melakukan instruksi lisan dengan baik
- Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks yang dibacakan dengan tepat
- Menyimpulkan ide pokok dari teks yang dibacakan
MEMBACA DAN MENGAMATI
- Mengucapkan kata-kata panjang dengan benar
- Mengidentifikasi dan menyebutkan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita
- Memahami tujuan dan pesan yang disampaikan penulis
- Memahami informasi dari gambar yang diamatinya dan menjelaskannya dengan baik
- Mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung setiap paragraf teks
BERBICARA DAN MEMPRESENTASIKAN
- Menyampaikan pendapat dengan kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami
- Menjelaskan penyebab terjadinya suatu masalah atau kejadian, dan mengelaborasi perasaan diri sendiri dan orang lain
- Mempresentasikan sebuah topik yang diminati dengan memperhatikan intonasi untuk menarik minat pendengar
- Menemukan informasi melalui internet yang aman atau sumber lain untuk mendukung presentasi
MENULIS
- Menuliskan kalimat dengan tanda baca yang tepat sesuai fungsinya, dengan huruf kapital di awal kalimat
- Menulis dengan struktur argumentasi, deskripsi, atau narasi untuk beragam konteks dan tujuan
- Menulis dengan struktur awal-tengah-akhir menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Menulis daftar pertanyaan untuk mendapatkan informasi dengan beragam konteks dan tujuan
BILANGAN
- Memperumum pemahaman mengenai urutan dan nilai tempat sampai 999.999
- Mengidentifikasi kelipatan, faktor, pola perkalian dan pembagian dengan tabel kelipatan
- Mengenalkan dan memodelkan sifat-sifat penjumlahan dan perkalian
- Mengenal, mengidentifikasi, dan memodelkan bilangan desimal sebagai bagian dari per sepuluh dan per seratus
- Mengenal, mengidentifikasi, dan memodelkan pecahan campuran yang merupakan gabungan dari bilangan cacah (utuh) dan bilangan pecahan
- Mengurutkan dan membandingkan bilangan pecahan tunggal dan bilangan desimal
ALJABAR
- Menemukan pola hubungan yang melibatkan operasi perkalian dan pembagian
- Menyelesaikan kalimat bilangan dengan satu variabel berupa simbol gambar yang belum diketahui nilainya melibatkan perkalian dan pembagian bilangan cacah dengan satu tahap penyelesaian
- Memperumum ekspresi bilangan dari sebuah permasalahan menggunakan satu variabel yang nilainya belum diketahui
- Mengidentifikasi, menduplikasi, dan mengembangkan pola gambar atau obyek sederhana yang melibatkan operasi perkalian
- Mengidentifikasi, menduplikasi, dan mengembangkan pola bilangan yang melibatkan operasi perkalian dan pembagian
- Mengidentifikasi, menduplikasi, dan mengembangkan pola gambar dan pola bilangan yang melibatkan operasi perkalian dan pembagian
PENGUKURAN
- Menentukan hubungan antarsatuan baku panjang (mm, cm, dan m)
- Menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan kekeliling berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segi banyak)
- Menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan luas dan keliling berbagai bentuk bangun datar
- Mengukur volume balok dan kubus dengan menghitung jumlah kubus berukuran 1 cm3 (cm3 dan m3)
- Mengenal konsep volume bangun ruang kubus dan balok, hingga menghasilkan perhitungan volume dari perkalian luas alas dan tinggi kubus
- Menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan volume kubus dan balok (cm3 dan m3)
GEOMETRI
- Mengidentifikasi berbagai benda dan mengenal ciri-ciri bangun ruang yang berbentuk prisma
- Menggambar prisma segiempat dan segitiga dengan kertas isometrik
- Menyelesaikan permasalahan dengan konsep bangun ruang bentuk prisma
- Mengidentifikasi berbagai benda dan mengenal ciri-ciri bangun ruang yang berbentuk tabung
- Menggambar tabung dengan kertas isometrik
- Menyelesaikan permasalahan dengan konsep bangun ruang bentuk tabung
ANALISIS DATA DAN PELUANG
- Memahami koordinat kartesius untuk menggambar sebuah diagram garis
- Menyajikan, dan menganalisis data banyaknya benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk diagram garis
- Mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data banyaknya benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk diagram gambar (pictogram) dan diagram garis
- Membedakan peristiwa yang pasti terjadi dan mungkin terjadi
- Menentukan peristiwa yang mungkin terjadi dari berbagai peristiwa dengan menggunakan bilangan 1/2
- Memprediksi peluang dari sebuah peristiwa yang pasti (1), dan mungkin terjadi (1/2)
4.1. Peserta didik menganalisis proses fotosintesis dan mengaitkan pentingnya proses ini
bagi makhluk hidup.
4.2. Peserta didik menjelaskan peran dan tanggung jawab manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
4.3. Peserta didik mengidentifikasi wujud zat
4.4. Peserta didik menganalisis perubahan wujud zat.
4.5. Peserta didik mendeskripsikan jenis-jenis gaya dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6. Peserta didik menciptakan teknologi dengan prinsip-prinsip pesawat sederhana untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
4.7. Peserta didik mengidentifikasi urutan siklus air.
4.8. Peserta didik mendeskripsikan pengaruh siklus air dalam kehidupan sehari-hari.
4.9. Peserta didik menyajikan hasil karya tentang hasil investigasi beberapa ekosistem yang ada di lingkungan sekitarnya (danau, sungai, hutan).
4.10. Peserta didik mengidentifikasi siklus hidup dari beberapa hewan yang ada di sekitar serta manfaatnya terhadap lingkungan.
4.11. Siswa menggambar ragam bentang alam di lingkungan sekitar.
4.12. Peserta didik mengaitkan ragam bentang alam dengan profesi masyarakat di daerahnya.
4.13. Peserta didik mendeskripsikan tempat tinggalnya berdasarkan sistem tata kelola masyarakat
4.14. Peserta didik mengindentifikasi kota/kabupaten tempat tinggalnya pada peta konvensional/digital
4.15. Peserta didik menyajikan hasil karya tentang sejarah kegiatan tukar beli yang ada di daerahnya melalui proses penelusuran informasi dari tokoh atau orang yang ada di lingkungannya yang ada di daerahnya.
4.16. Peserta didik mengidentifikasi keinginan dan kebutuhannya yang dihubungkan dengan nilai uang
4.17. Peserta didik menjelaskan adat atau tokoh di wilayahnya yang berperan untuk menjaga kelestarian alam.
4.18. Peserta didik menyelidiki peran tokoh dari wilayahnya pada masa lampau dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
4.19. Peserta didik mengurutkan kronologis perjuangan rakyat di wilayahnya pada masa lampau dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
4.20. Peserta didik menelusuri peninggalan masa pendudukan bangsa asing yang terdapat di wilayahnya.
KETRAMPILAN GERAK
- Peserta didik menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar permainan dan olahraga
- Peserta didik menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar pola gerak dasar aktivitas senam
- Peserta didik menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar aktivitas gerak berirama
- Peserta didik menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar aktivitas olahraga air
PENGETAHUAN GERAK
- Peserta didik menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar dan keterampilan gerak berupa permainan dan olahraga
- Peserta didik menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar dan keterampilan gerak berupa aktivitas senam
- Peserta didik menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar dan keterampilan gerak berupa aktivitas gerak berirama
- Peserta didik menerapkan prosedur variasi dan kombinasi pola gerak dasar dan keterampilan gerak berupa aktivitas olahraga air
PEMANFAATAN GERAK
- Peserta didik dapat meningkatkan kebugaran jasmani melalui latihan daya tahan, kekuatan otot, kecepatan serta kelincahan dengan baik
- Peserta didik dapat mengidentifikasi pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari baik disekolah maupun kegiatan dirumah
PENGEMBANGAN KARAKTER DAN NILAI-NILAI GERAK
- Peserta didik dapat menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menyimak arahan dan umpan balik yang diberikan guru
- Peserta didik dapat mempraktekkan kegiatan menghormati orang lain
- Peserta didik dapat menerima ragam keriangan yang didapat melalui aktivitas jasma
Mengalami
mengidentifikasi tari kelompok menurut ekpresinya
Mencipta
melakukan gerak tari kelompok sesuai unsur tari
Berfikir dan bekerja artistic
mendefinisikan sebuah ekspresi dalam tari kelompok
Refleksi
dapat menunjukan ekpresi tari kelompok
Berdampak
mendalami dan menyukai tari Nusantara
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa mengenal gerak tari Nusantara
- Siswa mengidentifikasi tari Nusantara
- Siswa mengidentifikasi jenis tari kelompok Nusantara
- Siswa memperagakan gerak tari Nusantara secara berkelompok sesuai level dan iringan tari
- Siswa mengekpresikan perubahan arah hadap tari Nusantara
- Siswa merangkai desain pola lantai sebagai bentuk ekspresi gerak tari kelompok
- Siswa menyajikan tari Nusantara sesuai level, arah hadap, pola lantai dan iringan tari
MENGALAMI
- Peserta Didik dapat mengenal dan mengidentifikasi unsur rupa garis dan bentuk
MENCIPTAKAN
- Peserta Didik dapat menggunakan unsur rupa garis dan bentuk geometris dalam karya 2 atau 3 dimensi
MEREFLEKSIKAN
- Peserta Didik dapat mengenal Warna: Primer & Sekunder
BERPIKIR DAN BEKERJA ARTISTIK
- Peserta Didik dapat menggabungkan unsur rupa garis, bentuk geometris, dan warna dalam sebuah karya
BERDAMPAK
- Peserta Didik dapat menjelaskan penggunaan garis, bentuk geometris dan warna pada karya