Jalan Pelita RT.01 Kel. Jingah Kec. Teweh Baru
sdnduajingah@gmail.com
Al Qur’an dan Hadist
Akidah
Fikih
Akhlak
Sejarah Peradaban Islam
PANCASILA
1 Peserta didik memahami dan menunjukkan simbol-simbol Pancasila dan menghormati orang tua dan guru.
2 Peserta didik mengidentifikasi dan menghubungkan simbol-simbol yang ada pada Lambang Negara Garuda Pancasila dan mencintai tanah air Indonesia
3 Peserta didik memahami dan menjelaskan simbol Pancasila dan Lambang Negara Republik Indonesia dengan sila-sila yang ada dalam Pancasila dan bersikap sesuai Pancasila
4 Peserta didik mengidentifikasi dan menceritakan tugas dan peran dirinya dalam kegiatan bersama dan menghargai tugas orang lain
5 Peserta didik mengidentifikasi dan menjelaskan hal-hal yang dianggap berharga dan penting bagi dirinya dan orang lain dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
6 Peserta didik menyebutkan dan mencontohkan sikap bertanggung jawab untuk menjaga hal yang berharga dan penting bagi dirinya tersebut, dan menghargai orang lain
7 Peserta didik memahami, membaca teks Pancasila dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik.
UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945
1 Peserta didik dapat mengidentifikasi aturan yang ada di rumah, menjelaskannya dan menghormati orang tua
2 Peserta didik mengidentifikasi dan menyebutkan aturan yang ada di sekolah serta menghormati guru
3 Peserta didik menjelaskan dan menerapkan aturan yang ada di rumah dan di sekolah dengan bimbingan orang tua dan guru dan menghargai semua orang
4 Peserta didik memahami dan menceritakan contoh sikap mematuhi dan yang tidak mematuhi aturan yang berlaku di rumah dan sekolah serta menunjukkan sayang terhadap sesama manusia
5 Peserta didik mengenali dan belajar menyampaikan pendapatnya tentang aturan di kelas sesuai dengan tingkat berpikir dan konteksnya dan mau mendengarkan ketika temannya berbicara serta menghargai teman saat berbicara
6 Peserta didik menentukan dan membuat kesepakatan sederhana dan bagaimana harus bersikap saat berbicara di depan kelas dan saat teman lain yang berbicara sesuai dengan tingkat berpikir dan konteksnya dengan bimbingan guru
7 Peserta didik membaca, memahami dan menaati aturan yang telah disepakati
BHINEKA TUNGGAL IKA
1 Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, minat dan perilakunya dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
2 Peserta didik mengamati dan menjelaskan identitas teman di kelas seusia dengan jenis kelamin, minat dan perilakunya dan menghargai perbedaan
3 Peserta didik mengidentifikasi dan menunjukkan karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di rumah an di sekolah dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
4 Peserta didik mengidentifikasi dan menjelaskan identitas dirinya dengan teman-temannya di lingkungan rumah dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
5 Peserta didik memahami identitas diri dan perbedaan dengan teman-temannya di sekolah sesuai jenis kelamin, minat dan perilaku serta karakteristik fisiknya dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA
1 Peserta didik mengidentifikasikan dan menuliskan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah dan menjaga lingkungannya
2 Peserta didik mengidentifikasi dan memehami wilayah NKRI dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
3 Peserta didik mengidentifikasi dan menyebutkan ciri-ciri fisik dan lingkungan rumah sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI dan menjaga lingkungannya
4 Peserta didik mengidentifikasi dan menyebutkan contoh perilaku dan sikap menjaga lingkungan sekitarnya serta menerapkan sikap menjaga lingkungan sekitar
5 Peserta didik mengidentifikasi dan menyebutkan sikap yang menjaga lingkungan sekolah dan menerapkan sikap menjaga lingkungan sekolah.
MENYIMAK
1.1. Pelajar memahami dan dapat mempraktikkan instruksi lisan yang diberikan orang tua dan guru mengenai aktivitas yang berhubungan dengan bantu diri (mandi, berganti pakaian, membersihkan diri, makan, mengenal anggota tubuh dan fungsinya).
1.2. Pelajar dapat menyebutkan identitas dasar buku dan unsur intrinsik penokohan dari buku yang dibacakan. (judul buku, nama pengarang, nama tokoh utama,latar, dan inti cerita).
1.3. Pelajar memahami serta mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks aural yang dibacakan guru dan orang tua sesuai jenjangnya. Kata tanya yang dikuasai: ‘apa’ dan ‘siapa’.
MEMBACA DAN MEMIRSA
1.1. Pelajar dapat memahami makna aneka kata yang sering digunakan dalam keseharian dan lingkungannya (berhubungan dengan tubuh dan diri sendiri, lingkungan sekitar, keluarga, konsep waktu, rutinitas harian di rumah, sekolah, dan tempat umum).
1.2. Pelajar dapat memaknai gambar atau ilustrasi dalam sebuah teks secara tepat; Memahami hubungan antara tulisan dengan ilustrasi/gambar pada buku cerita atau teks non fiksi sederhana (denah rumah dan sekolah, gambar hewan, benda, lingkungan sekitar).
1.3. Pelajar dapat menjelaskan kembali makna sebuah ilustrasi atau gambar dengan kalimat sendiri (denah rumah dan sekolah, gambar hewan, benda, lingkungan sekitar).
BERBICARA DAN MEMPRESENTASIKAN
1.1. Pelajar dapat memahami konteks dasar saat berbicara.
1.2. Pelajar mampu menanggapi aneka informasi yang mereka terima dengan reaksi yang tepat atau sesuai.
1.3. Pelajar dapat menceritakan tentang dirinya sesuai konteks dengan runtut dan jelas (pengalaman, identitas, keunikan diri, peran di dalam keluarga).
MENULIS
1.1. Pelajar mengenal ke-26 alfabet dan dapat menuliskannya dengan tulisan tangan secara benar.
1.2. Pelajar mampu membedakan huruf dan bunyi huruf sehingga mampu menyalin kata yang dilihat dan didengar.
1.3. Pelajar mampu mengidentifikasi tulisannya sendiri kemudian memperbaiki kesalahan sederhana dalam tulisannya.
Bilangan
1.1 Mengenal bilangan dan symbol bilangan sampai dengan 10
berdasarkan kumpulan benda
1.2 Mengenal bilangan dan simbol bilangan cacah sampai dengan 99
1.3 Membaca dan menuliskan bilangan cacah sampai dengan 99
1.4 Membandingkan dan mngurutkan bilangan cacah dengan urutan naik (kecil ke besar) atau sebaliknya
1.5 Meletakkan beberapa bilangan cacah pada garis bilangan
1.6 Mengenal nilai tempat bilangan cacah sampai dengan 99 (puluhan dan satuan)
1.7 menjumlahkan dan mengurangkan dua bilangan cacah sampai 20
1.8 menjumlahkan dan mengurangkan dua bilangan cacah sampai 99
Aljabar
1.1 menggunakan gambar, obyek dan bilangan dalam bentuk pola
1.2 mengenal pola bilangan mengguanakan gambar, obyek dan
bilangan
1.3 memprediksi pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan
benda benda, obyek dan bilangan
1.4 membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda
benda, obyek dan bilangan
1.5 menemukan pola gambar atau obyek sederhana
Pengukuran
1.1 mengenal dan menentukan panjang dan berat suatu benda dengan
menggunakan satuan tidak baku menggunakan benda konkret
1.2 memperkirakan panjang dan berat sebuah benda secara langsung
dan tidak langsung
1.3 mengurutkan benda berdasarkan panjang den berat
1.4 membandingkan panjang dan berat benda-benda secara kualitatif
Geometri
1.1 Mengenal bangun ruang menggunakan benda konkret
1.2 Mengenal ciri-ciri bangun ruang
1.3 Mengenal bangun ruang gabungan
1.4 Mengenal bangun datar menggunakan benda konkret
1.5 Mengenal ciri-ciri bangun datar
1.6 Mengenal bangun datar gabungan
1.7 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan
sifat tertentu dengan menggunakan benda konkret
1.8 Menggambarkan bangun ruang dan bangun datar menggunakan
kata-kata
1.9 Mengenal dan menentukan posisi dengan menggunakan navigasi
sederhana (kanan, kiri, depan, belakang)
Analisis Data dan Peluang
1.1 membilang dan mengurutkan benda-benda berdasarkan atribut
1.2 membandingkan benda-benda berdasarkan atribut
KETERAMPILAN GERAK
1. Mempraktikkan Aktivitas Pengembangan Gerak Dasar
2. Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor aktivitas gerak berirama.
3. Mempraktikkan berbagai gerak dominan dalam aktivitas senam.
4. Mempraktikkan berbagai pengenalan air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas pilihan permainan dan olahraga air.
PENGETAHUAN GERAK
1. Memahami Aktivitas Pengembangan Gerak Dasar
2. Memahami gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor aktivitas gerak berirama
3. Memahami berbagai gerak dominan dalam aktivitas senam.
4. Memahami berbagai pengenalan air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas pilihan permainan dan olahraga air.
PEMANFAATAN GERAK
1. Peserta didik dapat mengetahui kebugaran jasmani terkait kesehatan
2. Peserta didik dapat mengetahui pola perilaku hidup sehat
2. Peserta didik dapat mengetahui segala bentuk sikap menghormati orang lain
3. Peserta didik dapat menerima ragam keriangan yang didapat melalui aktivitas jasmani
Mengalami
1. Mengenal dan mengidentifikasi jenis-jenis garis berdasarkan arah dan bentuk
2. Mengenal dan mengidentifikasi bentuk geometris di lingkungan sekitar
Menciptakan
Peserta didik dapat menggunakan unsur rupa garis dan bentuk geometris pada kegiatan menggambar/membentuk/melipat/memotong dan menempel dengan panduan guru
Merefleksikan
Peserta Didik dapat mengindentifikasi warna primer dan sekunder melalui kegiatan mewarnai dan mencampur warna dengan pewarna kering/basah: Crayon/Pensil warna/Cat air/ cat poster/ Plastik mika.
Berpikir dan Bekerja Artistik
Peserta didik dapat Menggabungkan unsur rupa garis, bentuk geometris, dan warna dalam sebuah karya 2D atau 3D:
Berdampak
Peserta Didik dapat menjelaskan secara lisan/tulisan (berdasarkan pertanyaan pemantik dari guru) dengan sederhana mengenai jenis garis, bentuk geometris, dan warna primer atau sekunder yang digunakan pada karyanya
Elemen | Alur Tujuan Pembelajaran | Perkiraan jumlah jam pelajaran | Tgl. Pelaksanaan | Unduh MA |
Al-Qur’an dan Hadist | 1.1 Peserta didik mampu mengenal Al-Qur’an dengan baik |
| ||
Al-Qur’an dan Hadist | 1.2 Peserta didik mampu melafalkan huruf hijaiah dengan fasih | Unduh | ||
Al-Qur’an dan Hadist | 1.3 Peserta didik mampu mengenal harakat sederhana dengan baik | Unduh | ||
Al-Qur’an dan Hadist | 1.4 Peserta didik mampu menghafal surah Al-Fatihah dengan lancar, memiliki sikap berani melafalkan surah Al-Fatihah dengan lancar didepan guru, serta mampu membiasakan diri melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an | Unduh | ||
Akidah | 1.5 Peserta didik mampu mengenal rukun iman dengan baik, mempercayai enam rukun iman, dan menghafal enam rukun iman dengan baik | Unduh | ||
Akidah | 1.6 Peserta didik mampu menyebutkan ciptaan Allah dengan benar | Unduh | ||
Akidah | 1.7 Peserta didik mampu menyebutkan pengertian rasul dengan benar | Unduh | ||
Akidah | 1.8 Peserta didik mampu membiasakan sikap peduli dan kerjasama sebagai bukti cinta terhadap Allah dan rasul-Nya dan mampu membuat gambar pohon rukun iman dengan benar | Unduh | ||
Akhlak | 1.9 Peserta didik mampu membiasakan diri untuk membaca basmalah, melafalkan basmalah dengan lancar, dan menyebutkan arti basmalah dengan benar | Unduh | ||
Akhlak | 1.10 Peserta didik mampu membiasakan diri untuk membaca hamdalah, melafalkan hamdalah dengan lancar, dan menyebutkan arti hamdalah dengan benar | Unduh | ||
Akhlak | 1.11 Peserta didik mampu membiasakan diri untuk bersikap santun dan memberikan contoh bersikap santun dengan tepat | Unduh | ||
Akhlak | 1.12 Peserta didik mampu membiasakan diri untuk bersyukur dan memberikan contoh cara bersyukur dengan tepat |
| Unduh | |
Fiqih | 1.13 Peserta didik mampu membiasakan bersuci dengan benar dan menampilkan sikap hidup bersih setiap hari | Unduh | ||
Fiqih | 1.14 Peserta didik mampu menyebutkan pengertian bertaharah dengan benar, menyebutkan jenis-jenis bertaharah dengan tepat, menyebutkan cara bersuci dari najis dan hadas dengan benar, dan menyebutkan hikmah bersuci dengan tapat | Unduh | ||
Fiqih | 1.15 Peserta didik mampu mempraktikan cara berwudhu dengan benar | Unduh | ||
Fiqih | 1.16 Peserta didik mampu mempraktikan tayamum dengan benar | Unduh | ||
Sejarah Peradaban Islam | 1.17 Peserta didik diharapkan mampu meyakini kebenaran rukun Islam, menyebutkan lima rukun Islam dengan benar, menghafal lima rukun Islam dengan lancar, dan menggambar ilusrasi “jalan kereta dan stasiun” rukun Islam dengan baik |
| Unduh | |
Sejarah Peradaban Islam | 1.18 Peserta didik diharapkan mampu melafalkan dua kalimat syahadat dengan lancar | Unduh | ||
Sejarah Peradaban Islam | 1.19 Peserta didik diharapkan mampu mengartikan dua kalimat syahadat dengan tepat | Unduh | ||
Sejarah Peradaban Islam | 1.20 Peserta didik diharapkan mampu menampilkan mental yang kuat dan hati yang teguh, menyanyikan lagu dengan syair syahadatain beserta artinya dengan lancar | Unduh |