Jalan Pelita RT.01 Kel. Jingah Kec. Teweh Baru

sdnduajingah@gmail.com

BUDIDAYA TANAMAN JAHE
MODUL PROJEK KELAS 4
TEMA : KEWIRAUSAHAAN

PROJEK  BUDIDAYA  TANAMAN JAHE

Jahe, adalah tumbuhan yang rimpangnya sering digunakan sebagai rempah-rempah dan bahan baku pengobatan tradisional. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas yang dirasakan dari jahe disebabkan oleh senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk dalam famili zingiberaceae.

Jahe menjadi salah satu rempah yang tumbuh subur di Indonesia. Selain menjadi bumbu untuk memasak, jahe juga bisa menjadi jamu yang memiliki khasiat bagi tubuh. Jahe bisa dijadikan minuman herbal untuk mengatasi masalah kesehatan, karena itulah budidaya jahe sangat menjadi pilihan tepat karena penanamannya yang sangat mudah, tanpa perawatan yang rumit serta bisa tumbuh subur dan cepat.

Masyarakat di lingkungan sekolah rata-rata mengonsumsi tanaman jahe sebagai bumbu maupun jamu, jahe sangat populer karena banyak manfaatnya untuk bumbu masak sehari-hari dan tubuh. Oleh karena itu, budidaya tanaman jahe pada lingkungan sekolah akan sangat bermanfaat.

Projek “Budidaya Tanaman Jahe” ini dibuat dengan tujuan menguatkan profil pelajar pancasila melalui pemahaman nilai kewirausahaan pada hasil tanaman yang dapat digunakan dan dijual. Projek ini dimulai dengan kegiatan mencari data terkait manfaat dan harga jahe yang menjadi konsumsi masyarakat di lingkungan sekitar. Selanjutnya peserta didik kemudian diajak untuk lebih mengenal budidaya tanaman jahe.

Dalam prosesnya, peserta didik juga diajak untuk mengembangkan kemandirian diri, memahami kewirausahaan dan potensi daerah. Selanjutnya masuk dalam tahap aksi nyata. Pada tahap ini, peserta didik akan berkerja sama dengan guru serta teman untuk membudidayakan tanaman jahe. Dimulai dari memilih bibit jahe hingga menjual hasil panen jahe tersebut. Di akhir projek, peserta didik akan melakukan refleksi kelompok terkait kegiatan yang sudah dilakukan dan refleksi diri terkait dengan pemahamannya terhadap budidaya tanaman jahe, tanaman yang sangat kaya akan manfaat serta menghasilkan nilai komersil. Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar pancasila yaitu beriman bertakwa dan berakhlak mulia kepada Tuhan yang maha Esa, kemandirian, gotong royong dan beserta elemen-elemen yang terkait.

Perangkat ajar ini dirancang untuk membantu guru SD (Fase B) agar dapat melaksanakan projek dengan tema kewirausahaan. Judul projek pada perangkat ajar ini adalah “Budidaya Tanaman Jahe” yang didalamnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peserta didik terkait nilai-nilai kewirausahaan dari hasil budidaya suatu tanaman. Perangkat ajar ini terdiri dari 10   Aktivitas yang saling berkaitan.

Projek ini dilakukan pada semester 1 kelas 4 SD dikarenakan aktivitas yang ditawarkan disusun sedemikian rupa agar peserta didik tidak hanya mengenal tetapi juga memahami nilai-nilai kewirausahaan yang terdapat dalam budidaya tanaman jahe. Waktu yang direkomendasikan dalam pengerjaan projek ini adalah selama 1 semester dengan total waktu kurang lebih 36 jam. Sebaliknya, terdapat jeda waktu antar aktivitas sehingga guru dapat melakukan refleksi dan menentukan perbaikan untuk aktivitas selanjutnya.

Projek budidaya tanaman jahe ini sangat relevan untuk dilaksanakan di SD Negeri 2 Jingah karena mayoritas masyarakat yang ada disekitar lingkungan sekolah selalu mengonsumsi jahe sebagai bumbu makanan dan jamu sehari-hari, melalui projek ini peserta didik akan berkolabirasi dengan masyarakat dan orang tua mengenai cara budidaya tanaman jahe yang efektif dibantu oleh guru kelas dan guru mata pelajaran dalam memfasilitasi kegiatan projek budidaya tanaman jahe di sekolah.

TAHAPAN PROJEK YANG AKAN  DILAKSANAKAN

TAHAPAN PENGENALAN

Tahap Kontekstualisasi

Tahap Aksi

KALENDER PELAKSANAAN

Dimensi, elemen, dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila

PENANAMAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (REFERENSI) PERKEMBANGAN SUB - ELEMEN ANTAR FASE

Sub Elemen

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

Mendalami Budaya dan identitas budaya

Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang diri sendiri

Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang diri sendiri dan keluarga ​

Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan beberapa macam kelompok di lingkungan sekitar

Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan berbagai macam kelompok di lingkungan sekitarnya, serta cara orang lain berperilaku dan berkomunikasi dengannya​

Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya

Mengidentifikasi dan membandingkan praktik keseharian

Mengidentifikasi dan membandingkan praktik keseharian diri dan budayanya

Mengidentifikasi dan membandingkan praktik keseharian diri dan budayanya dengan orang lain

Mengidentifikasi dan membandingkan praktik keseharian diri dan budayanya dengan orang lain di tempat dan waktu/era yang berbeda

Berkomunikasi antar budaya

Belum bisa Mendeskripsikan penggunaan kata, tulisan dan bahasa tubuh

Mendeskripsikan penggunaan kata, tulisan dan bahasa tubuh yang memiliki makna

Mendeskripsikan penggunaan kata, tulisan dan bahasa tubuh yang memiliki makna yang berbeda di lingkungan Sekitar

Mendeskripsikan penggunaan kata, tulisan dan bahasa tubuh yang memiliki makna yang berbeda di lingkungan sekitarnya dan dalam suatu budaya tertentu.

Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif

Mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum

Mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan dapat mengenal sudut pandang orang lain

Mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan dapat mengenal sudut pandang orang lain. Mendengarkan dan memperkirakan sudut pandang orang lain

Mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan dapat mengenal sudut pandang orang lain. Mendengarkan dan memperkirakan sudut pandang orang lain yang berbeda dari dirinya pada situasi di ranah sekolah, keluarga, dan lingkungan sekitar.

Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan

Menyebutkan apa yang telah dipelajari

Menyebutkan apa yang telah dipelajari tentang orang lain

Menyebutkan apa yang telah dipelajari tentang orang lain dari interaksinya dengan kemajemukan budaya

Menyebutkan apa yang telah dipelajari tentang orang lain dari interaksinya dengan kemajemukan budaya di lingkungan sekitar.

Sub Elemen

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sangat Berkembang

Kerjasama

Masih harus selalu diingatkan orang dewasa atau teman untuk berkegiatan dalam kelompok

Mengikuti orang lain dalam melakukan tugas berkelompok

Menerima dan melaksanakan tugas serta peran yang diberikan kelompok dalam sebuah kegiatan bersama

Menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompok​

Tanggap terhadap situasi sosial

Peka terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan

Peka dan mengapresiasi orang-orang di lingkungan sekitar

Peka dan mengapresiasi orang-orang di lingkungan sekitar, kemudian melakukan tindakan sederhana untuk melakukannya​

Peka dan mengapresiasi orang-orang di lingkungan sekitar, kemudian melakukan tindakan untuk menjaga keselarasan dalam berelasi dengan orang lain

Berbagi

Membutuhkan contoh dari orang terdekat untuk berbagi dengan lingkungan sekitar

Mulai membiasakan diri untuk berbagi dengan lingkungan sekitar​

Memberi dan menerima hal yang dianggap berharga dan penting kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar

Memberi dan menerima hal yang dianggap penting dan berharga kepada/dari orang-orang di lingkungan sekitar baik yang dikenal maupun tidak dikenal

 

Sub ElemenBelum BerkembangMulai BerkembangBerkembang Sesuai HarapanSangat Berkembang
Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapiMengidentifikasi kemampuan dan minat diriMengidentifikasi kemampuan dan minat diri serta menerima keunikan diriMengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya secara subjektifMengidentifikasi  kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya serta tantangan yang dihadapi berdasarkan kejadian-kejadian yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari
Mengembangkan refleksi diriMemerlukan bantuan orang dewasa dalam mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan diriMengetahui kelebihan atau kelemahan diriMelakukan refleksi untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan serta prestasi dirinyaMelakukan refleksi untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan prestasi dirinya, serta situasi yang dapat mendukung dan menghambat pembelajaran dan pengembangan diri
Regulasi EmosiMasih perlu Mengetahui adanya pengaruh orang lain, situasi, dan peristiwa yang terjadiMengetahui adanya pengaruh orang lain, situasi, dan peristiwa yang terjadi terhadap emosi yang dirasakannya; serta berupaya untuk mengekspresikan emosiMengetahui adanya pengaruh orang lain, situasi, dan peristiwa yang terjadi terhadap emosi yang dirasakannya; serta berupaya untuk mengekspresikan emosi secara tepat dengan mempertimbangkan perasaan

Mengetahui adanya pengaruh orang lain, situasi, dan peristiwa yang terjadi terhadap emosi yang dirasakannya; serta berupaya untuk mengekspresikan emosi secara tepat dengan mempertimbangkan perasaan dan kebutuhan orang lain disekitarnya

 

AKTIVITAS YANG DILAKUKAN DALAM PROJEK BUDIDAYA TANAMAN JAHE

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Jenis kegiatan            : Tatap Muka

Waktu                          : 3JP (3×35 menit)

Alat dan bahan          : LCD proyektor, laptop, papan tulis dan video youtube tentang manfaat tanaman jahe

Peran guru                  : Fasilitator

Persiapan:

  • Guru Menjelaskan apa yang dimaksud tanaman jahe dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
  • Guru menyiapkan tayangan video untuk menstimulasi pemahaman peserta didik tentang manfaat jahe yang sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menghasilkan nilai komersil dan potensi kewirausahaan daerah

Pelaksanaan:

  • Guru memulai projek dengan memberikan pertanyaan tentang macam-macam manfaat tanaman jahe serta memberi penjelasan lengkap tentang manfaat jahe bagi kehidupan sehari-hari.
  • Guru meminta peserta didik mengamati video tentang manfaat tanaman jahe dan meminta peserta didik untuk mencatat hasil pengamatan mereka dari video yang ditayangkan.
  • Guru meminta peserta didik untuk berdiskusi mengenai penggunaan jahe sesuai dengan penjelasan serta video yang sudah ditayangkan.

Jenis kegiatan            : Tatap Muka

Waktu                          : 3JP (3×35 menit)

Alat dan bahan          : LCD proyektor, laptop, video, artikel dan dokumentasi lain terkait teknik budidaya tanaman jahe

Peran guru                  : Fasilitator

 

Persiapan:

  • Guru telah mengolah data tentang manfaat serta macam-macam manfaat tanaman jahe
  • Guru menyiapkan video terkait berbagai macam teknik budidaya tanaman jahe

 

Pelaksanaan:

  • Guru menayangkan video tentang berbagai macam cara teknik budidaya tanaman jahe serta meminta peserta didik untuk mencatat hasil pengamatannya dari video yang telah ditayangkan
  • Guru menambahkan tayangan berupa artikel tentang berbagai macam teknik budidaya tanaman jahe
  • Guru meminta beberapa peserta didik untuk mempresentasikan hasil catatannya di depan kelas. Peserta didik yang lain dapat saling bertukar pendapat apabila terdapat perbedaan data

Jenis kegiatan            : Tatap Muka

Waktu                          : 3JP (3×35 menit)

Alat dan bahan          : Tanah, bibit jahe dan polybag

Peran guru                 : Fasilitator

Persiapan:

  • Guru mencari informasi terlebih dahulu mengenai bahan-bahan yang digunakan untuk budidaya tanaman jahe
  • Guru mengajak peserta didik untuk berpartisipasi dalam melengkapi bahan pembibitan tanaman jahe berupa tanah dan bibit jahe

Pelaksanaan:

  • Guru menyampaikan macam-macam bahan dan alat dalam budidaya tanaman jahe
  • Guru meminta peserta didik untuk bekerjasama dengan guru dalam hal pengadaan bibit jahe
  • Guru dan peserta didik menyiapkan berbagai macam peralatan yang dibutuhkan

Jenis kegiatan            : Tatap Muka

Waktu                          : 3JP (3x35menit)

Alat dan bahan          : Tanah, bibit jahe dan polybag

Peran guru                  : Fasilitator

Persiapan:

  • Guru membagikan polybag kepada masing-masing peserta didik
  • Guru menyiapkan bibit jahe

Pelaksanaan:

  • Guru memandu peserta didik untuk memasukkan tanah ke dalam masing-masing polybag
  • Guru memberikan bibit kepada peserta didik dan meminta mereka untuk menanam jahe tersebut kedalam tanah dalam polybag
  • Guru meminta peserta didik untuk menyiram tanaman jahe secara rutin

Jenis kegiatan             : Tatap Muka

Waktu                          : 16JP (16x35menit)

Alat dan bahan            : Tabel observasi, tabel pemeliharaan

Peran guru                  : Fasilitator

Persiapan:

Guru menyiapkan tabel observasi dan tabel pemeliharaan

Pelaksanaan:

  • Guru mengarahkan peserta didik untuk memeriksa tanaman jahe dan menuliskannya pada lembar observasi
  • Guru meminta peserta didik mengisi tabel pemeliharaan pada kegiatan pemeliharaan rutin seperti menyiram dan lain-lain

Jenis kegiatan             : Tatap Muka

Waktu                          : 16JP (16x35menit)

Alat dan bahan            : Pupuk

Peran guru                  : Fasilitator

 

Persiapan:

  • Guru dapat bekerjasama dengan sekolah dalam menyiapkan pupuk
  • Guru membagi pupuk untuk masing-masing peserta didik

Pelakasanaan:

  • Peserta didik memberikan pupuk pada tanaman jahe dalam polybag
  • Peserta didik menyampaikan perkembangan tanaman jahe dengan presentasi di depan kelas secara berkelompok berdasarkan tabel observasi dan tabel pengamatan yang diisi pada aktivitas ke-5

Jenis kegiatan            : Tatap Muka

Waktu                          : 16JP (16x35menit)

Alat dan bahan          : Tabel Observasi

Peran guru                  : Fasilitator

Persiapan:

  • Guru menyiapkan tabel observasi
  • Guru mengarahkan peserta didik untuk memisahkan tanamanan yang diserang hama dan menyemprotkan cairan anti hama tanaman

Pelaksanaan:

  • Peserta didik mengisi tabel observasi
  • Peserta didik menghilangkan hama pada tanaman yang diserang hama tanaman
  • Peserta didik memisahkan tanaman yang diserang hama agar hama tidak menyebar ketanaman lain dan melakukan penanaman kembali bibit jahe pada tanaman yang rusak

Jenis kegiatan             : Tatap Muka

Waktu                          : 4JP (4x35menit)

Alat dan bahan            : Kantong plastik dan sarung tangan

Peran guru                  : Fasilitator

Persiapan:

  • Guru menyiapkan kantong plastik dan sarung tangan
  • Guru menyiapkan tabel untuk mencatatkan hasil panen jahe

Pelaksanaan:

  • Peserta didik memanen jahe yang telah matang dan siap untuk dipanen
  • Peserta didik mengisikan jumlah hasil panen jahe pada tabel yang sudah disediakan

Peserta didik bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan budidaya tanaman jahe ini dengan bersama-sama mengucapkan Hamdalah setelah selesai memanen jahe

Jenis kegiatan             : Tatap Muka

Waktu                          : 4JP (4x35menit)

Alat dan bahan            : Alat kemasan, alat timbangan

Peran guru                  : Fasilitator

Persiapan:

Guru menyiapkan alat kemasan jahe dan timbangan

Pelaksanaan:

  • Peserta didik mengemas jahe
  • Peserta didik menimbang berat jahe yang akan dikemas
  • Peserta didik menghitung jumlah kemasan dan menentukan harga perkemasan
  • Selain dikemas untuk dijual hasil panen jahe juga dibagikan kepeserta didik dan guru dengan pembagian sama rata

Jenis kegiatan            : Tatap Muka

Waktu                          : 4JP (4x35menit)

Alat dan bahan          : Rubik Penilaian

Peran guru                 : Fasilitator dan moderator

Persiapan:

  • Guru menyiapkan jadwal kegiatan dan mengundang seluruh warga sekolah untuk bergabung (Market Day)
  • Guru bekerjasama dengan sekolah untuk mengundang pemangku kepentingan pada acara Market Day yang akan dilaksanakan

 

Pelaksanaan:

  • Peserta didik menata tempat dan peralatan yang akan dijadikan tempat untuk memasarkan jahe
  • Presentasi dilakukan berkelompok di atas panggung kecil yang sudah disiapkan
  • Peserta didik mempresentasikan cara menghasilkan buah jahe tersebut sesuai dengan pengalamannya
  • Guru melakukan penilaian pada saat peserta didik melakukan presentasi
  • Peserta didik menawarkan buah jahe yang sudah dikemas kepada pengunjung stand mereka
  • Peserta didik membagi laba hasil penjualan jahe dan menyisihkan sebagiannya untuk disumbangkan
  • Peserta didik merapikan kembali tempat dan peralatan yang digunakan saat acara sudah selesai

 

Tata Krama:

  • Menyapa dengan menggunakan bahasa daerah
  • Menggunakan bahasa yang sopan
  • Mengenakan pakaian yang rapi
  • Mengungkapkan kata terima kasih dan permisi saat berinteraksi